Senin, 01 September 2014
   
Text Size

Tentang Website Ditjen. Peraturan Perundang-undangan

Website ini dapat diakses melalui domain www.djpp.kemenkumham.go.id atau www.ditjenpp.kemenkumham.go.id,  Website ini bertujuan untuk memberi informasi kepada publik seputar kegiatan pembentukan Peraturan Perundang-undangan, antara lain:

  • proses penyusunan rancangan uu, perpu, pp dan keppres serta rancangan lain yang berada di bawah kewenangan atau tanggung-jawab Kementerian Hukum dan HAM RI;
  • sosialisasi RUU dalam rangka mencari masukan dari masyarakat;
  • peran-serta Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan dalam kegiatan penyusunan rancangan instansi lain
  • perkembangan pembahasan di DPR bagi RUU yang diajukan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI atau yang di dalamnya terlibat peran-serta Kementerian Hukum dan HAM RI;
  • pengembangan dan pembinaan tenaga perancang fungsional peraturan perundang-undangan;
  • peraturan yang telah disahkan dalam Lembaran Negara dan Berta Negara;
  • penyelesaian perkara gugatan terhadap peraturan perundang-undangan (yudical review) ;
  • tulisan ilmiah di bidang hukum dan perundang-undangan;
  • dan berbagai kegiatan lain terkait.

Untuk memudahkan navigasi di internet, Kegiatan-kegiatan tersebut dikelompokan kedalam menu navigasi kegiatan antara lain:

  1. KOMUNITAS (Member Login - free/gratis)
    Komunitas ini semata-mata dimaksudkan untuk memudahkan Web Admin dalam menginformasikan segala sesuatu terutama bila ada peraturan perundang-undangan yang baru dan telah diupload di dalam database, dengan demikian anggota komunitas dapat segera mengetahuinya melalui email yang kami kirimkan ke alamat email yang didaftarkan pada saat mendaftar/register (fasilitas ini free/gratis).
    Anggota komunitas juga dapat melakukan diskusi di forum diskusi, dapat memanfaatkan Private Masage ke sesama anggota lainnya, menulis pesan dinding, pertemanan, dan dapat melihat aktifitas (status) di profil sendiri atau melihat profil anggota komunitas lainnya.

  2. DATABASE PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN
    Berisi berbagai peraturan perundang-undangan seperti UUD NRI Tahun 1945, Undang-Undang/Perpu, Peraturan Pemerintah, Peraturan Presiden, keputusan Presiden, Peraturan Menteri dan Lembaga2 Negara, Peraturan Daerah, dan lain sebagainya.
    Database peraturan-peraturan tersebut kami tambahkan secara periodik dan berkesinambungan, besar harapan kami dapat terus memberikan informasi-informasi peraturan perundang-undangan terbaru kepada mayarakat.

  3. PENCARIAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN
    Ada beberapa fasilitas pencarian di Website ini:
    # Pencarian Judul Peraturan Perundang-undangan -- anda dapat mencari peraturan perundang-undangan dengan memasukan kata atau kata-kata didalam form pencarian, program secara otomatis akan mencari kata tersebut yang berada pada judul suatu peraturan perundang-undangan.
    # Pencarian Kata atau Frasa Peraturan Perundang-undangan --  untuk mencari kata atau frasa yang terdapat dalam suatu peraturan perundang-undangan. Untuk saat ini pencarian dilakukan didalam database yang berbasis HTML . Kata atau frasa yang dicari akan ditandai dengan kata yang dicetak tebal dan berwarna kuning.
    # Pencarian Web Lokal -- pencarian ini adalah untuk mencari konten yang terdapat didalam website selain konten peraturan perundang-undangan, misalnya bila ingin mencari artikel, berita, kajian, dan lain sebagainya.

    Catatan: untuk mendapatkan hasil pencarian yang diinginkan kami menyarankan untuk membaca pertolongan (Help) terlebih dahulu pada masing-masing mesin pencarian tersebut.

  4. MENU-MENU LINK
    Menu Link ini adalah menu navigasi yang akan membawa anda kepada halaman tertentu seperti link artikel, proses kegiatan, data peraturan, kegiatan rapat, dan lain sebagainya.

  5. ARTIKEL
    Kumpulan artikel, makalah, dan jurnal yang berkaitan hukum dan peraturan perundang-undangan, hak cipta dan ide tulisan yang terdapat di website ini adalah milik penulis yang bersangkutan. Untuk tulisan anda dapat mendownloadnya, namun untuk menyadur dan  mengutip tulisan seseorang harap memperhatikan cara dan etika penulisan yang berlaku.

  6. KILAS BERITA
    Barisi rangkuman berita (news) yang berkaitan dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang diambil dari berbagai sumber.

  7. FACEBOOK dan TWITTER
    Fan Page Facebook dan Twitter kami gunakan untuk memberitahukan apabila kami memperbaharui (update) segala sesuatu yang berkaitan dengan hukum dan peraturan perundang-undangan langsung ke halamanan facebook atau twitter anda. Untuk mengikuti update dari kami, klik suka (like) pada Facebook atau follow kami pada Twitter.

  8. DLL
www.djpp.kemenkumham.go.id || www.ditjenpp.kemenkumham.go.id |
Direktorat Pengundangan, Publikasi dan Kerjasama
Gedung Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan, Lantai III
Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
Jln. Rasuna Said Kav. 6-7, Kuningan, Jakarta Selatan, Indonesia
email: Alamat surel ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya

Gabung di Komunitas


Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia
Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan

Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 6 - 7 Jakarta Selatan
Telp. (021) 5221618 Fax. (021) 5265480
Email: admin @ djpp.info
www.djpp.kemenkumham.go.id
www.ditjenpp.kemenkumham.go.id