Error
  • JFolder: :files: Path is not a folder. Path: /home/ditjenpp/public_html/images/djppimages/harmonisasi/rpppsmk32-02-11
Notice
  • There was a problem rendering your image gallery. Please make sure that the folder you are using in the Simple Image Gallery plugin tags exists and contains valid image files. The plugin could not locate the folder: images/djppimages/harmonisasi/rpppsmk32-02-11

Harmonisasi PUU

Selasa 01 Februari 2011, Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan mengadakan rapat harmonisasi RPP tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, rapat ini  kelanjutan dari rapat sebelumnya.  Adapun yang dibahas dalam  rapat adalah mengenai pengawasan kesehatan kerja, dimana perlu adanya kesamaan pandangan di masyarakat,  jangan sampai nantinya seolah-olah RPP ini hanya diatur di tingkat pusat saja, akan tetapi di tingkat daerah juga harus dilibatkan.

 

 

Kementerian Kesehatan mengusulkan agar dalam RPP ini perlu ada ketentuan yang mengatur mengenai standar kesehatan kerja yang diatur oleh Menteri Kesehatan yang dilekatkan dalam pasal terkait, yaitu dalam Pasal 17 dan diberikan penjelasan.

Usulan rumusan, “Pelaksanaan penerapan pedoman SMK3 terkait dengan upaya kesehatan diatur lebih lanjut dalam peraturan menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan”.

Adapun perwakilan dari Setneg mengusulkan perlu ada penambahan di dalam Pasal 17 ayat (3) bahwa dalam melakukan pengawasan dilakukan koordinasi dengan pengawasan ketenagakerjaan, dan akhirnya usulan tersebut diakomodir dan akan dituangkan menjadi ayat baru.

Rumusan redaksi  yang diusulkan adalah “pengawasan pelaksanaan penerapan SMK3 sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (3) dilakukan oleh masing-masing instansi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dengan berkoordinasi dengan pengawas ketenagakerjaan.

Akhirnya pimpinan rapat memutuskan dari Pasal 17 dipecah menjadi 2 pasal baru, yaitu substansi yang mengatur mengenai pengawasan yang mengacu ke Pasal 4 dan mengenai pembinaan di ayat (3) lama.

Pada rapat berikutnya akan ditindaklanjuti dengan penyisiran teknis saja, karena secara materi, substansi sudah disepakati dan disetujui oleh Kementerian Kesehatan.

{gallery}harmonisasi/rpppsmk32-02-11{/gallery}