Error
  • JFolder: :files: Path is not a folder. Path: /home/ditjenpp/public_html/images/djppimages/harmonisasi/perpus
Notice
  • There was a problem rendering your image gallery. Please make sure that the folder you are using in the Simple Image Gallery plugin tags exists and contains valid image files. The plugin could not locate the folder: images/djppimages/harmonisasi/perpus

Harmonisasi PUU

UU No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa melalui pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan sebagai sumber informasi berupa karya tulis, karya cetak dan karya rekam.

Perkembangan perpustakaan sudah cukup meningkat terutama perpustakaan umum baik yang didirikan oleh pemerintah daerah maupun masyarakat. Dari seluruh kabupaten /kota di seluruh Indonesia hampir 90% telah membentuk perpustakaan umum. Masyarakat telah mulai mendirikan kafe perpustakaan, taman bacaan, perpustakaan keluarga untuk umum dan sebagainya.

Perkembangan secara kwantitas kelembagaan dan fisik belum dibarengi dengan peningkatan kualitas kwantitas koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan, tenaga, penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan.

Dalam hal ini Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan Selasa, 17/4/2012, melakukan pembahasan menyeluruh bersama dengan Instansi terkait dalam pengkajian mengenai Peraturan Pemerintah tentang Perpustakaan ini untuk mengatur mengenai Pengembangan perpustakaan karena selama ini perkembangannya masih bersifat sporadis dan belum banyak yang memenuhi standar perpustakaan. Oleh sebab itu perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan yang baik perlu dirumuskan Standar Nasional Perpustakaan.

Pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan diarahkan  pada meningkatnya kegemaran membaca masyarakat (reading habit society) menuju masyarakat belajar (learning society) yang berujung pada peningkatan kecerdasan kehidupan bangsa seperti disebutkan diatas. Oleh sebab itu perpustakaan harus menyediakan koleksi yang lengkap, dan mudah serta murah. Untuk memanfaatkan peran masyarakat dalam pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan sangat penting maka perlu adanya dorongan dengan berbagai bentuk seperti pemberian penghargaan dan sejenisnya. Disamping itu perlu pendamping dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan berupa Dewan Perpustakaan.

{gallery}harmonisasi/perpus{/gallery}