Kilas Berita Perkembangan Peraturan Perundang-undangan

Yogyakarta - Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kemenkumham, Widodo Ekatjahjana, meninjau Lapas Wirogunan, Yogyakarta. Peninjauan ini dilakukan untuk mengkaji regulasi apa yang perlu diperbaiki terkait tata kelola lapas.


"Ini rutin. Dalam rangka pembinaan dan monitoring, dan memperbaiki regulasi. Regulasi apa saja yang perlu diperbaiki terkait dengan tata kelola lapas," kata Widodo kepada wartawan di Lapas Wirogunan, Jalan Taman Siswa, Yogyakarta Rabu (17/5/2017).

 


Pihaknya memang sedang melakukan upaya penyelesaian masalah terkait over kapasitas lapas dari sisi regulasi. Menurutnya, Lapas Wirogunan Yogyakarta merupakan salah satu yang terbaik.


Diwawancara pada kesempatan yang sama, Kalapas Wirogunan, Suherman, menjelaskan dari daya tampung 470 orang, terisi 453 orang hingga hari ini.


"Jadi kurang sedikit ya, sekitar (terisi) 98%. Dari jumlah itu terdiri dari 118 orang perempuan, sisanya laki-laki," kata Herman.


Menurutnya, setiap lapas memiliki potensi gejolaknya masing-masing. Untuk di Lapas Wirogunan, Herman mengaku lebih menggunakan pendekatan agama dan persuasif untuk mengatasinya. "Kalau di Yogyakarta relatif aman," imbuhnya.


Terdapat 134 petugas di Lapas Wirogunan, 70 orang di antaranya adalah petugas keamanan. "Cukup, kita juga kerjasama dengan TNI dan Polri," kata Herman.


Widodo Ekatjahjana juga meninjau kondisi lapas, mulai dari blok Tipikor hingga Blok khusus wanita. Widodo sempat mengobrol dengan beberapa narapidana dan menanyakan soal kasus hukum mereka.

 

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3503986/cari-masukan-perbaikan-regulasi-kemenkumham-datangi-lapas-yogya?source=graboards.com