Majalah dan Jurnal Ditjen PP

Penyusunan dan penerbitan buku Panduan Praktis MEMAHAMI PERANCANGAN PERATURAN DAERAH edisi kelima ini merupakan hasil Tim Direktorat Fasilitasi Perancangan Peraturan Daerah, Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia sebagai wujud pelaksanaan dari tugas dan fungsi yang diembannya. Buku Panduan ini dimaksudkan untuk menjadi pedoman (guidelines) bagi perancang dan pembentuk Peraturan Perundang-undangan dalam merancang Peraturan Perundang-undangan di Tingkat Daerah.

Buku panduan ini telah menyesuaikan dengan peraturan perundang-undangan baru khususnya peraturan perundang-undangan di bidang pembentukan peraturan perundang-undangan yaitu Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan yang menggantikan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2004.

Buku Panduan ini dilengkapi dengan prinsip-prinsip atau ramburambu penyusunan Peraturan Daerah yang bernuansa Hak Asasi Manusia, kesetaraan Jender, dan Pembangunan yang Berkelanjutan dengan berbasis Tata kelola Pemerintahan yang Baik.

Dengan segala keterbatasan dan kekurangan, Penyusun mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk kesempurnaan buku Panduan ini.

Download:

Isi buku