Berita/Kegiatan DJPP

JakartaDalam rangka memperingati Hari Dharma Karyadhika Tahun 2020, Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan (Ditjen PP) Kementerian Hukum dan HAM mengikuti Upacara Hari Dharma Karyadhika Tahun 2020 di RR Legiprudensi Lt. Dasar gedung Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan secara virtual (27/10).

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual ini juga diikuti secara serentak oleh seluruh Unit Utama, Kantor Wilayah di seluruh Indonesia, Unit Pelaksana Teknis, dan seluruh Pegawai Kementerian Hukum dan HAM melalui Live Streaming di live.kemenkumham.go.id.

Upacara yang bertemakan "Layanan Publik Digital Kemenkumham, Menuju Indonesia Maju" dengan logo “Burung Merpati” ini diawali dengan laporan singkat sejarah lahirnya Kementerian Hukum dan HAM yang dibacakan oleh Bambang Rantam Sariwanto selaku Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM. Dan Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly. Dalam amanatnya, Menkumham mengatakan, "Mari kita ucapkan Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, kita bisa berkumpul disini. Tetap semangat dan berprestasi memberikan yang terbaik bagi Bangsa Indonesia ini walaupun di tengah pandemi Covid-19”, ucap Menkumham dari Gedung Graha Pengayoman Kemenkumham.

Menkumham juga mengatakan bahwa Dunia berubah dengan sangat cepat dan bergerak dengan begitu dinamis. Transformasi dibidang Hukum dan HAM pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia harus terus dilakukan sesuai dengan perkembangan teknologi. Menjelang hari jadi Kemenkumham 30 Oktober mendatang, Menkumham menegaskan bahwa Kemenkumham siap memasuki era digitalisasi.

“Pemanfaatan teknologi sudah tidak bisa kita tolak dan hindari lagi. Suka tidak suka, harus kita hadapi,” kata Yasonna. “Pandemi Covid-19 menjadi test case, apakah kita telah siap menerapkan digitalisasi di seluruh aspek kinerja,” lanjutnya.

Yasonna juga berharap agar pelayanan publik harus terus dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi. “Inovasi-inovasi baru pelayanan publik dibidang kekayaan intelektual, keimigrasian, pemasyarakatan, administrasi hukum umum, dan pelayanan bantuan hukum juga terus dikembangkan untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat,” katanya.

“Kita punya loyalitas kepada negara, berpikiran positif, berlomba-lomba secara terus menerus memberikan yang terbaik bagi bangsa ini. Kembangkan team work, bergandengan tangan untuk membangun kerja sama yang akurat, berbuat yang terbaik dan positif. Jika anda mau berlari cepat maka larilah sendiri, jika mau berlari jauh maka mari kita lari bersama-sama. Dimanapun kita berada, kita bersama-sama bekerja, sinergitas. Jangan bekerja dengan amarah, simpan amarahmu karena bisa menjadi racun bagi tubuhmu. Kebencian seperti air keras dapat merusak tempat dimana itu berada. Mari kita buktikan bersama-sama, bahwa kita anak-anak bangsa yang setia dan dapat berikan terbaik bagi bangsa ini” tegas Yasonna dalam arahannya.

Diakhir amanatnya Menkumham mengajak kepada seluruh jajaran Kemenkumham, bahwa kita bisa dan mampu memberikan yang terbaik untuk negeri ini. “Tetap semangat bekerja untuk mencapai kinerja tinggi, dan terus menuai prestasi, meskipun dihadapkan pada permasalahan dan keterbatasan waktu kerja akibat pandemi ini,” kata Yasonna. “Revolusi digital Kemenkumham (merupakan) tonggak bagi suksesnya layanan publik yang semakin PASTI,” tutupnya.

 

Selamat Hari Dharma Karyadhika Tahun 2020. Dirgahayu Kemenkumham.