Berita/Kegiatan DJPP

Jakarta – Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia (Ditjen HAM) menggelar kegiatan Sarasehan Kehumasan pada hari kamis (18/06/20). Kegiatan yang dilakukan melalui media teleconference ini diikuti oleh seluruh Humas Unit Utama, Humas Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis se-Indonesia, dengan tema “Menakar Strategi dan Potensi Kehumasan dalam Membangun Pos Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Pos Yankomas)”.

Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia Mualimin Abdi menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mensinergikan strategi dalam membangun Pos Yankomas, baik secara teknis maupun dengan media kehumasannya.

Mualimin mengatakan dalam sambutannya bahwa penghormatan dan pemajuan HAM harus lebih dikonkretkan, salah satu strateginya adalah dapat dimaksimalkannya Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM). Mualimin juga berharap bahwa kedepannya Pos Yankomas tidak hanya berdiri di Kantor Wilayah dan UPT Kemenkumham, tetapi terus lebih dekat dengan masyarakat seperti di kantor kecamatan agar lebih mudah menjangkau masyarakat. "Impian kami untuk mendekatkan Pos Yankomas kepada masyarakat telah dijawab oleh inisiatif dari Kanwil Papua Barat. Saya mendengar kabar bahwa di Papua Barat bahkan Pos Yankomas didirikan di sejumlah gereja. Kami mengapresiasi langkah yang dilakukan Kakanwil Papua Barat beserta jajaran," ucap Mualimin.

Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Bambang Rantam Sariwanto yang juga bergabung melalui teleconference dalam kegiatan ini sekaligus menjadi Keynote Speaker dan membuka secara resmi kegiatan Sarasehan Kehumasan ini.

Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa selain berperan sebagai Komunikator dan Prescriber (pemberi penjelasan), Humas juga memiliki peran sebagai Konselor, Advisor, Interpreter, Katalisator (mempercepat), Disemintaror (Penyebaran), dan Fasilitator (Pendamping). “Kita sudah miliki Peraturan Presiden, Organisasi dan Tata Kerja, RANHAM, Struktur, dan lain sebagainya. Apa yang kita miliki itu seharusnya kita kerjakan dengan maksimal,” ujar Bambang.

Selanjutnya kegiatan Sarasehan ini dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang strategi untuk mengenalkan Pos Yankomas kepada masyarakat oleh para narasumber diantaranya Iwan Santoso selaku Direktur Pelayanan Komunikasi Masyarakat, Konsultan Media Kementerian Bane Raja Manulu, dan di moderatori oleh RR. Risma Indriyani selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia.