Berita/Kegiatan DJPP

Jakarta – Seluruh Unit Utama dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di Indonesia melaksanakan secara serentak kegiatan Apel Pagi dan Halal Bi Halal hari Raya Idul Fitri 1441 H secara Virtual melalui media teleconference, pada Selasa (26/05/20).

Hal tersebut menindaklanjuti arahan Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI dan tindak lanjut Edaran Menteri PAN dan RB terkait larangan mudik bagi ASN K/L dan SKB 3 Menteri terkait perubahan cuti bersama tahun 2020, serta dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan juga ikut melaksanakan Apel Pagi pegawai secara Virtual yang di rangkaikan dengan Halal Bi Halal 1441 H  tepat pada pukul 08.00 WIB. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan (Dirjen PP) Prof. Widodo Ekatjahjana, didampingi Sekretaris Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan (Sesditjen PP) Priyanto, seluruh Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan. Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Pejabat Fungsional dan Seluruh Pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan juga hadir mengikuti kegiayan tersebut.

Sebelum membuka kegiatan, Sesditjen PP memberikan arahan bahwa seluruh Kassubag TU diharapkan meliput kegiatan ini dengan baik dan melaporkan kehadiran pegawai pada masing-masing unit. “Kassubag TU diharapkan terkait hal-hal kegiatan ini di liput dengan baik dan terkait dengan pegawai yang mengikuti dan yang tidak mengikuti kegiatan ini agar dilaporkan, dan bagi mereka yang kedapatan atau ditemukan pulang kampung atau mudik, mohon sanksi dapat di tegakkan” ucap Priyanto.

Dalam pengantar kegiatan, Sesditjen PP juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pegawai di lingkungan Ditjen PP, “perkenankanlah saya secara pribadi, menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin, apabila dalam interaksi kita bekerja sehari-hari terdapat berbagai macam ketimpangan, baik yang disengaja maupun tidak di sengaja, mohon keikhlasan bapak ibu untuk bisa saling memaafkan” tutup Priyanto.

Sementara itu Prof. Widodo Ekatjahjana dalam arahannya meminta ”Seluruh jajaran Pimti Pratama agar tanggung jawab selama WFH masih di perpanjang, saya berharap kegiatan dan tugas-tugas rutin kita tetap terus dilakukan seoptimalkan mungkin dan WFH yang dilakukan harus benar-benar efektif”, ucap Prof Widodo.

Beliau menambahkan dalam arahannya bahwa unit teknis yang berkaitan erat dengan kebutuhan para stakeholder kementerian/lembaga seperti Direktorat Perancangan agar tetap sigap dan koordinasi bisa dilakukan dengan baik, jangan sampai layanan kementerian/lembaga terhambat hanya karena situasi di tengah pandemi Covid-19.

Beliau juga berterimakasih kepada seluruh pegawai di lingkungan Ditjen PP atas kerja kerasnya ditengah kondisi seperti ini. “Saya berterimakasih atas kerja keras teman-teman ditengah-tengah WFH yang masih banyak memiliki pekerjaan, agar amanah yang diberikan oleh pemerintah negara kepada kita, tetap kita jalankan dengan baik tanpa mengabaikan tugas-tugas pekerjaan kantor” tambah Prof. Widodo.

Diakhir arahannya beliau juga tidak lupa untuk menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah dan permohonan maaf kepada seluruh pegawai di lingkungan Ditjen PP. “Atas nama Pribadi dan keluarga, Saya menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Saya sadar sekali mungkin ada lisan atau tutur kata, sikap dan perbuatan yang kurang berkenan kepada teman-teman semuanya mohon dengan ketulusan dan keikhlasan untuk dibukakan pintu maaf, demikian juga sebaliknya saya membukakan diri, membukakan pintu maaf, sehingga di hari yang fitri ini kita semua dihapus segala kesalahan dan kita kembali lagi bersemangat untuk bekerja memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara” tutup Prof. Widodo.