Berita/Kegiatan DJPP

Jakarta – Workshop Pedoman Penulisan Jurnal Ilmiah Kementerian Hukum dan Ham dilaksanakan melalui aplikasi Zoom (17/04/20). Workshop ini dilakukan hasil Kerjasama antara Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan dengan Hanns Seidel Foundation (HSF) Indonesia. Metode workshop ini dilakukan sebagai upaya pencegahan terjadinya penyebaranCorona Virus Disease (Covid-19).

Workshop ini dibuka oleh Rizki Arfah selaku Kasubdit Publikasi, Dokumentasi, dan Perpustakaan, dan diikuti beberapa Narasumber yang diantaranya Prof. Dr. I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, Unan Pribadi selaku Direktur Pengundangan, Penerjemahan, dan Publikasi, dan juga Dr. Lukman selaku Kasubdit Fasilitasi Jurnal Ilmiah Kemenristekdikti, dimoderatori oleh  Reza Fikri Febiansyah, dan diikuti oleh beberapa perwakilan Kanwil diantaranya Kanwil Kemenkumham Sumatra Utara, Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Kanwil Kemenkumham D.I.Yogyakarta dan Kanwil Kemenkumham Banten.

Dalam paparan yang disampaikan oleh Prof. Dr. I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani menjelaskan mengenai Dasar-dasar Penulisan Ilmiah diantaranya fungsi, pemilihan jurnal ilmiah, instruksi pencarian untuk author, penulisan artikel, unsur artikel ilmiah, serta permasalahan yang dihadapi dalam penyusunan jurnal ilmiah. Sedangkan Unan Pribadi dan Dr. Lukman menjelaskan mengenai Manajemen Publikasi Ilmiah Bidang Hukum diantaranya Jurnal Legislasi Indonesia serta menjelaskan bagaimana cara mengunggah sebuah tulisan.