Berita/Kegiatan DJPP

Jakarta. kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang mengambil tema “Penyusunan Buku Tanya Jawab Seputar Pembentukan Peraturan Perundang-undangan di Tingkat Pusat” yang dilaksanakan di Hotel J S Luwansa (10/09) yang lalu diikuti oleh seluruh perwakilan JFT Perancang di Kementerian/Lembaga termasuk para perancang di lingkungan Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan. Kegiatan FGD tersebut hasil kerjasama antara Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan dengan Japan International Cooperation Agency (JICA).

Kegiatan FGD tersebut dihadiri oleh Priyanto selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan yang juga mewakili Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan sekaligus membuka secara resmi kegiatan FGD tersebut. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Nuryanti Widyastuti selaku Direktur Fasilitasi Perancangan Peraturan Daerah dan Pembinaan Perancang Peraturan Perundang-undangan,Ardiansyah selakuDirektur Litigasi,Imam Santoso selaku Perancang Peraturan Perundang-undangan Utama dan Kei Hirota selaku Chief Advisor on Legal Consistency, Japan International Cooperation Agency (JICA).

Dalam sambutan Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan yang dibacakan oleh Priyanto selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan menyampaikan bahwa, Penyusunan buku Tanya Jawab Seputar Pembentukan Peraturan Perundang-undangan ini terinspirasi dari Workbook of Legislative Duties yang dimiliki oleh Pemerintah Jepang, dan disusun oleh para ahli dibidang pembentukan perundang-undangan di Jepang serta menjadi acuan dalam pembentukan perundang-undangan. Priyanto juga menjelaskan bahwa Workbook of Legislative Duties berisi tanya jawab seputar pembentukan peraturan perundang-undangan. Buku tersebut  menjadi pegangan bagi pegawai pemerintah dan para pihak yang bertugas dibidang penyusunan peraturan perundang-undangan yang memberikan gambaran secara lengkap terkait pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam pembentukan peraturan perundang-undangan disertai dengan jawaban dari sisi teoritis dan praktis yang dapat membantu dalam menyelesaikan masalah pembentukan peraturan perundang-undangan.

Diakhir sambutannya, Priyanto berharap melalui Keberadaan Buku tanya jawab ini akan sangat membantu aparatur sipil negara (ASN) maupun pembuat peraturan perundang-undangan untuk memberikan penjelasan lebih dalam substansi yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan dan peraturan pelaksanaannya.