Berita/Kegiatan DJPP

Jakarta. Senin (02/09) sebanyak 33 orang Calon Pejabat Fungsional Perancang Peraturan Perundang-undangan mengikuti pembukaan kegiatan magang pelatihan Fungsional calon Pejabat Fungsional Perancang Peratutan Perundang-undangan Mekanisme PNBP Angkatan II Tahun 2019 di Ruang Legiprudensi, Gedung Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan. Para peserta tersebut berasal dari berbagai Kementerian dan Lembaga di Tingkat Pusat yang akan mengikuti kegiatan magang selama 15 hari terhitung sejak 2 September sampai dengan 20 September 2019.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Nuryanti Widyastuti selaku Direktur Fasilitasi Perancangan Peraturan Daerah dan Pembinaan Perancang Peraturan Perundang-Undangan yang mewakili Direktur Jenderal Peraturan Perundang-Undangan, Direktur Harmonisasi Peraturan Perundang-Undangan II, Direktur Pengundangan, Penerjemahan, dan Publikasi Peraturan Perundang-undangan, Pocut Eliza selaku Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Fungsional dan HAM BPSDM Kemenkumham dan para Pengawas Pelaksana Diklat Perancang Peraturan Perundang-undangan.

Dalam sambutannya, Pocut Eliza menyampaikan bahwa dalam kesempatan kegiatan magang ini agar dapat dilaksanakan secara baik dan juga bisa dilakukan dengan baik sesuai dengan bimbingan dan pendampingan dari para pengajar terkait dengan dasar-dasar filosofis, sosiologis serta yuridis dalam proses penyusunan peraturan perundang-undangan. Dan juga beliau mengharapkan agar para peserta dapat mempelajari proses pembentukan peraturan perundang-undangan yang berlangsung di Ditjen PP, di mulai dari tahap perencanaan, pembahasan, harmonisasi, pengesahan/penetapan, pengundangan sampai proses judicial review di Mahkamah Konstitusi dilakukan oleh Ditjen PP.

Nuryanti Widyastuti yang mewakili Direktur Jenderal Peraturan Perundang-Undangan sebelum membuka secara Resmi Kegiatan tersebut juga memberikan pesan kepada para setiap calon perancang agar dapat belajar dengan baik dan sungguh-sungguh dan juga berharap para peserta magang bisa menggali ilmu sedalam dalamnya dari para pembimbing di Ditjen PP, sehingga dapat mengetahui cara menyusun draft peraturan perundang-undangan yang baik dan benar. Beliau juga berharap diakhir magang nanti para peserta dapat Lulus seluruhnya sehingga dapat mempraktikkan dalam pelaksanaan tugas di lingkungan kerjanya masing-masing.