Berita/Kegiatan DJPP

Jakarta – (17/08) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Upacara Kemenkumham. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly yang mengenakan pakaian adat Daerah Istimewa Yogyakarta. Upacara ini diikuti oleh seluruh Pimpinan Tinggi Utama, Pimpinan Tinggi Madya, dan seluruh Pegawai Kemenkumham dari 11 unit Eselon I yang mengenakan Pakaian Adat Daerah.

Pada Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini mengambil tema “SDM Unggul Indonesia Maju” dan dalam kesempatan tersebut Yasonna H Laoly mengatakan bahwa prioritas Pemerintahaan Presiden Joko Widodo untuk tahun 2020-2025 adalah peningkatan Sumber Daya Manusia Indonesia dan Kemenkumhan telah mengawali dengan kegiatan yang paling fundamental, yaitu rekrutmen pegawai atau penerimaan pegawai yang dilaksanakan berdasarkan kompetensi, dengan prinsip adil dan terbuka," jelas Yasonna,

Selain itu, lanjut Yasonna, reformasi birokrasi akan menghasilkan ASN yang memiliki integritas, perilaku dan kepedulian yang berorientasi kepada kepentingan masyarakat, serta efektif dan efisien dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. "Salah satu cara untuk mengupayakan kesejahteraan pegawai, adalah melaksanakan perubahan sesuai dengan amanah reformasi birokrasi," kata Yasonna saat menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kemenkumham terus meningkatkan upayanya dalam memberikan kesempatan untuk mengembangkan kompetensi kepada pegawai ASN. "Disamping pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh BPSDM, dan penugasan oleh Unit Eselon I-nya masing-masing, kita juga telah membangun kerja sama pendidikan dengan Universitas dan lembaga-lembaga lain yang menyelenggarakan beasiswa, baik pemerintah maupun swasta, dalam dan luar negeri," ujar Menkumham di lapangan upacara Kemenkumham.

Kepada para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang baru saja bergabung dengan Kemenkumham, Yasonna berpesan agar tetap semangat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Tidak hanya didalam negeri, tetapi juga di luar negeri. "Wawasan sekolah di luar (negeri) tentu akan menambah pengalaman saudara tentang bagaimana dunia luar mengembangkan sistem-sistem kepegawaian dan pendidikan mereka, yang akhirnya membuat bangsa-bangsa mereka menjadi bangsa yang terdepan di dunia," ucap Yasonna.

Selain merayakan upacara kemerdekaan, pada acara ini juga dilangsungkan pemberiaan remisi secara simbolik bagi sejumlah warga binaan pemasyarakatan dan penghargaan bagi sejumlah pejabat di lingkungan Kemenkumham yang meraih Prestasi. Pegawai Ditjen PP yang mendapat penghargaan antara lain Ratih Sri Martani selaku Kasubdit Penerjemahan Peraturan Perundang-undangan karena telah mengembangkan inovasi E–Penerjemah dan Shinto Suryowati selaku Kepala Seksi Pengundangan Dalam Berita Negara Republik Indonesia dan Tambahan Berita Negara Republik Indonesia, yang telah berperan aktif dalam Pembentukan Peraturan Menteri Nomor 31 Tahun 2017. Keduanya mendapatkan Penghargaan Karya Dhika  Madya. Setelah upacara dilaksanakan berbagai perlombaan antar unit eselon I.