Berita/Kegiatan DJPP

Category: Kegiatan DJPP

Jakarta. Bertempat di Ruang Rapat 552 Baharuddin Lopa Lt. 5 Gedung Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan menyelenggarakan kegiatan Pendalaman Materi mengenai Tata Cara Pembentukan Peraturan Perundang-undangan (25/07). Pada kegiatan ini hadir sebagai Pemateri/Narasumber adalah Guru Besar Ilmu Perundang-Undangan di Universitas Indonesiayaitu Prof. Dr.Maria Farida Indrati, S.H., M.H.dan di moderatori oleh Fiqi Nana Kania selaku Kepala Subdirektorat Harmonisasi Bidang Politik Dan Pemerintahan Direktorat Harmonisasi Peraturan Perundang-Undangan I.

Dalam Kegiatan tersebut membahas mengenai Asas, Jenis, Fungsi, dan Materi Muatan Peraturan Perundang-undangan. Dalam pemaparannya Prof. Maria menjelaskan mengenai alasan hierarki peraturan perundang-undangan mencantumkan Ketetapan MPR dalam hierarki, selain itu beliau juga membahas ketentuan terkait dengan Pasal 8 Undang-undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undanganyang menurutnya mengalami perluasan, karena tidak seharusnya semua peraturan yang dikeluarkan oleh lembaga/komisi perlu di undangkan dalam Lembaran Negara/Berita Negara.

Kegiatan ini diikuti kurang lebih 75 peserta para JFT Perancang Peraturan Perundang-undangan di lingkungan Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan. Pada kesempatan ini juga tidak disia-siakan oleh para perancang untuk menanyakan permasalahan yang dihadapi terkait dengan teknik pembentukan peraturan perundang-undangan khususnya terkait harmonisasi perundang-undangan yang tidak semua terjawab dalam lampiran Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan, serta terkait dengan pengujian Undang-Undang (Judicial Review) di Mahkamah Konstitusi, mengingat Prof. Maria ini adalah Hakim Konstitusi periode Agustus 2008 sampai dengan Agustus 2018.