Berita/Kegiatan DJPP

Bandung. Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan (Ditjen PP) dan Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa Barat bekerjasama dengan Hanss Seidel Foundation (HSF) melakukan kegiatan Workshop Pedoman Penulisan Ilmiah Dalam E-Jurnal di Hotel Crowne (18/06) yang lalu. Kegiatan tersebut dibuka oleh Priyanto selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan dan dihadiri oleh Imam Santoso selaku Plt. Direktur Pengundangan, Penerjemahan, dan Publikasi Peraturan Perundang-undangan dan Heriyanto selaku Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Jawa Barat yang mewakili Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa Barat dan juga Daniel Heilmann selaku Resident Representative Hanss Seidel Foundation (HSF).

Acara yang diselenggarakan selama 3 (tiga) hari tersebut diikuti oleh 30 (tiga puluh) peserta yang terdiri dari para JFT Penyusun dan Perancang Perundang-undangan, JFT para penyuluh hukum, JFT Pembina Kemasyarakan di lingkungan Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa Barat serta Biro Hukum Provinsi Jawa Barat. Priyanto yang membuka kegiatan Workshop tersebut menyampaikan bahwa Dalam pembuatan artikel ilmiah, penulisan e-journal legislasi Indonesia tentunya memiliki standar penulisan yang harus diikuti, kendala yang sering terjadi adalah kurangnya pengetahuan dalam membuat tulisan dengan penulisan standar artikel ilmiah, memang bukanlah hal yang mudah dalam menuangkan ide, gagasan, pemikran kedalam suatu tulisan berupa karya ilmiah. Untuk membantu memberikan pemahaman mengenai standar penulisan inilah Direktorat Jendral Peraturan Perundang-undangan mengadakan kegiatan berupa Workshop yang diharapkan bermanfaat bagi para perancang perundang-undangan dalam memahami teknik penulisan ilmiah dan bagaimana menuangkan ide-ide yang ada kedalam karya ilmiah yang berkualitas. kami mengharapkan setelah kegiatan ini para perancang dapat menganalisis dengan baik perkembangan hukum, baik melalui tulisan maupun informasi yang berkembang dalam rangka penyusunan peraturan perundang-undangan.

Dengan adanya kegiatan workshop penulisan jurnal ilmiah ini, diharapkan para peserta dapat mengembangkan barbagai gagasan, mencari, dan mengusai informasi topik tertentu, serta dapat memperluas wawasan baik secara teoritis maupun fakta-fakta serta mengorganisasikan gagasan secara sistematis dan mengungkapkannya secara tersurat. Selain itu, bagi para peserta yang dapat menyusun tulisan sesuai dengan standar penulisan jurnal ilmiah, tulisannya akan dimuat pada Jurnal Hukum Perancang Peraturan Perundang-undangan Volume 5 Nomor 2 Tahun 2019.