Berita/Kegiatan DJPP

Tangerang. Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan (Ditjen PP) bekerja sama dengan Hanns Seidel Foundation (HSF) menyelenggarakan kegiatan Workshop Pedoman Penulisan Ilmiah dalam E-Jurnal yang dilaksanakan di Hotel Mercure, Tangerang (2/5).Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari ini dibuka oleh Imam Santoso selaku Plt. Direktur Pengundangan, Penerjemahan, dan Publikasi Peraturan Perundang-undangan yang mewakili Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan. Dan kegiatan Workshop ini diikuti oleh 30 (tiga puluh) orang peserta yang berasal dari masing-masing Direktorat yang ada di Ditjen PP.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan Perancang Peraturan Perundang-undangan tidak hanya dituntut untuk menguasai tehnik penyusunan peraturan perundang-undangan saja, namun juga mampu menyampaikan ide dan gagasannya melalui tulisan ilmiah. Untuk meningkatkan pengetahuan para perancang dalam membuat tulisan yang sesuai dengan standar penulisan artikel ilmiah.

Dalam sambutan Dirjen PP yang dibacakan oleh Imam Santoso yang juga merangkap sebagai Perancang Peraturan Perundang undangan Utama menekankan pentingnya bagi perancang untuk mengetahui standar penulisan dalam e-jurnal ilmiah, mengingat saat ini Jurnal Legislasi yang merupakan jurnal yang dikelola oleh Ditjen PP sudah dalam bentuk e-jurnal dan telah memperoleh Akreditasi dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi dalam peringkat 2 sehingga penyaringan naskah tulisan yang masuk sangat ketat, karena tidak hanya perancang yang mengajukan tulisannya melainkan akademisi yang notabene lebih menguasai metode penulisan ilmiah. Selain itu Imam mengingatkan adanya keuntungan yang diperoleh bagi perancang yang tulisannya di muat di E Jurnal berupa angka kredit yang cukup besar yang dapat menunjang penilaian angka kredit.

Workshop yang menghadirkan narasumber dari akademisi dan Kemenristekdikti ini tidak hanya berupa teori namun juga praktik penulisan E jurnal. Kegiatan yang sama rencananya akan juga dilaksanakan di beberapa daerah yang di tujukan kepada perancang peraturan perundang-undangan yang ada di Kantor Wilayah dengan dukungan HSF yang merupakan mitra kerjasama Ditjen PP.