Berita/Kegiatan DJPP

Jakarta. (15/04) Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan (Ditjen PP) menerima kunjungan mahasiswa Sekolah Tinggi Hukum Bandung (STHB) di lantai 5 ruang rapat 552 Baharuddin Lopa, Gedung Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Rombongan mahasiswa dan dosen pembimbing diterima oleh Erwin Fauzi Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Penyelesaian Sengketa Peraturan Perundang-Undangan Bidang Perekonomian mewakili Kepala Bagian Humas dan Kerjasama Ditjen PP.

Dalam sambutannya, Kasubdit Penyelesaian Sengketa Peraturan Perundang-Undangan Bidang Perekonomian menyampaikan bahwa Direktorat Litigasi memiliki tugas untuk membantu Presiden dalam hal pengujian Peraturan Perundang-undangan dan mediasi Sengketa Peraturan Perundang-Undangan.

“Dukungan yang dimaksud khususnya dalam hal pembuatan keterangan pemerintah atau mediasi masyarakat terhadap disharmoni atau sengketa terkait Peraturan Perundang-undangan,” tambah Erwin Fauzi saat memberikan materi di hadapan mahasiswa Fakultas Ilmu Hukum (FIH) yang ikut serta berjumlah 64 orang.

Selain diisi dengan diskusi dan tanya jawab, pada kesempatan ini juga disampaikan mengenai apa tugas dan fungsi yang ada di Ditjen PP, antara lain mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang peraturan perundang-undangan. Dan mempunyai fungsi yaitu, Perumusan, Pelaksanaan dan pemberian bimbingan teknis dan supervisi kebijakan di bidang perancangan, harmonisasi, pengundangan dan publikasi, litigasi peraturan perundang-undangan, fasilitasi perancangan peraturan perundang-undangan di daerah dan pembinaan perancang peraturan perundang-undangan dan Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang perancangan, harmonisasi, pengundangan dan publikasi, litigasi peraturan perundang-undangan, fasilitasi perancangan peraturan perundang-undangan di daerah dan pembinaan perancang peraturan perundang-undangan.

Di akhir diskusi dan tanya jawab, Erwin menambahkan bahwa “Kunjungan seperti ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan seputar pasca pembentukan peraturan perundang-undangan serta menambah kemampuan daya kritis mahasiswa,” Lebih lanjut, Erwin Fauzi menyampaikan bahwa kunjungan ini tentunya makin mempererat ikatan antara mahasiswa dan instansi di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI.