Berita/Kegiatan DJPP

Jakarta. (27/02), Dirjen Peraturan Perundang-undangan Prof. Dr. Widodo Ekatjahjana, S.H., M.Hum didampingi Sekretaris Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan Priyanto, memberikan arahan sekaligus diskusi kepada para Perancang terkait perkembangan pengharmonisasian Peraturan Perundang-undangan di Ruang Legiprudensi, Gedung Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan. Turut hadir dalam pertemuan tersebut diantaranya, Direktur Perancangan, Direktur Harmonisasi I, Direktur Harmonisasi II, Direktur Litigasi, Direktur Pengundangan Penerjemahan dan Publikasi, serta Direktur Perancangan dan Fasilitasi Peraturan Daerah.

 

Widodo Ekatjahjana mengingatkan, bahwa, Jabatan Perancang mempunyai karakteristik tugas dan fungsi yang melekat pada tiap Direktorat. Diharapkan singkronisasi proses pengharmonisasian sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2018.

 

Beliau melanjutkan, sebagai seorang perancang harus mempunyai pemetaan ke depan agar terlihat lebih jelas dalam mewujudkan pencapaiannya, oleh karena itu para pemangku jabatan perancang harus mengetahui kedudukan, tugas serta fungsi yang dimiliki diiringi dengan etika yang berkesinambungan.

 

Lebih lanjut, Dirjen, menginformasikan bahwa rencana ke depan akan diadakan sekolah atau pendidikan lebih lanjut untuk para Perancang Peraturan Perundang-undangan. Dalam sela-sela pertemuan tersebut, setiap Tim yang tergabung dalam RPermen, memberikan laporan perkembangan termasuk kendala-kendala yang dihadapi terkait harmonisasi RPermen.