Berita/Kegiatan DJPP

Jakarta, Sebanyak 60 orang Mahasiswa Fakultas Hukum Sekolah Tinggi Hukum Bandung berkunjung ke Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan pada Senin, 26/11/2018 yang kegiatannya diselenggarakan di Gedung Sekretariat Jenderal Peraturan Perundang-undangan Lantai 5. Kegiatan kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembentukan peraturan perundang-undangan di Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan. 

Tri Wahyuningsih selaku Kepala Bagian Humas dan Kerjasama yang menemui mahasiswa memberikan materi mengenai “Pembentukan Peraturan Perundang-undangan”. Dalam paparannya Tri memperkenalkan dan menjelaskan mengenai apa yang menjadi tugas dan fungsi Ditjen PP sesuai tahapan pembentukan peraturan perundang-undangan berdasarkan UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan dan menjelaskan struktur organisasi yang ada di Ditjen PP.

Dalam paparannya Tri Wahtuningsih menjelaskan diantaranya bahwa tahapan pembentukan peraturan per-UU berdasarkan UU 12/2011 adalah perencanaan, penyusunan, pembahasan, pengesahan dan penetapan, serta pengundangan. Tugas dan fungsi ditjen PP dalam hal ini yaitu pada saat penyusunan sampai dengan pengundangan peraturan per-UU, serta tugas Ditjen PP lainnya yaitu dalam hal pengujian peraturan perundang-undangan baik di Mahkamah Konstitusi dan Mahkamah Agung. Namun dalam hal perencanaan pembentukan perundang-undangan, Ditjen PP tetap berkordinasi dengan Badan Hukum Pembinaan Negara (BPHN).

Sebelumnya pemberian materi tersebut, mahasiswa berkesempatan terlebih dahulu menyaksikan video accompany profile Ditjen PP.

Sebagai pendamping dari para mahasiswa tersebut adalah Dosen yaitu Dr. Marojohan JS Panjaitan serta Alda Rifada Rizki.