Berita/Kegiatan DJPP

Padang, Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan membuka kegiatan Monitoring Kegiatan Kerjasama Ditjen PP dengan HSF di Hotel Emersia, Batusangkar pada Jumat 9/11/2018. Kegiatan ini dihadiri perwakilan Kerjasama Luar Negeri dari Setjen Kemenkumham, perwakilan dari Kementerian Luar Negeri serta perwakilan dari Ditjen PP kemenkumham.

Dirjen PP dalam sambutannya mengatakan ada beberapa hal yang menjadi evaluasi terhadap kerjasama yang telah dilakukan dengan HSF pada tahun ini dan gagasan kegiatan untuk dijadikan program yang dikerjasamakan pada tahun 2019. Kegiatan untuk tahun 2019 tersebut diantaranya yaitu perkara penyelesaian sengketa peraturan perundang-undangan melalui jalur non-litigasi telah mendapat sambutan yang positif, ini terlihat dari banyaknya perkara yang masuk untuk diselesaikan melalui jalur non litigasi, oleh karena itu HSF diminta agar mendukung kegiatan tersebut.

Selanjutnya Dirjen menambahkan agar tahun depan dapat dibuat kegiatan penguatan terhadap fungsional perancang peraturan perundang-undangan seperti memberikan simulasi harmonisasi peraturan perundang-undangan dan peraturan daerah.

Terkait aplikasi e-jurnal, lanjut Dirjen PP, hal tersebut penting namun mungkin porsinya tidak terlalu banyak, karena e-jurnal telah terakreditasi dari Kemenristekdikti. Namun, aplikasi e-jurnal yang saat ini telah terakreditasi peringkat 2 diharapkan ke depan diusahakan menjadi peringkat 1.

Dirjen PP juga mengharapkan kepada perwakilan Setjen Kemenkumham agar dapat mengarahkan kerjasama diluar Kemenkumham kepada Ditjen PP yang dapat berguna untuk Ditjen PP khususnya.

Menangapi sambutan Dirjen PP, Daniel Lehman sebagai Director of HSF Indonesia mengatakan program yang telah disampaikan oleh Dirjen PP adalah program yang baik. “Pada prinsipnya HSF akan membantu kegiatan kegiatan yang bersifat positif dan relevan dengan apa yang telah dikerjasamakan dengan HSF.”kata Daniel lagi.