Berita/Kegiatan DJPP

Padang, Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan bekerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sumatera Barat mengadakan kegiatan Seminar Comparison Study Pembentukan Peraturan Perundang-undangan di Indonesia dan Jepang di Hotel Mercure Padang, Selasa 25 September 2018. Kegiatan ini dihadiri oleh para peserta yang terdiri dari Perancang Peraturan Perundang-undangan, Biro Hukum dan Bagian Hukum instansi pemerintahan daerah di Provinsi  Sumatera Barat.

 

Kakanwil Sumatera Barat, Dwi Prasetyodalam sambutannya menyampaikan bahwa Kanwil Sumbar telah menjalin kerjasama yang baik dengan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Sumatera Barat dalam pengharmonisasian dan penyusunan peraturan perundang-undangan, ini terbukti sampai dengan September 2018 Kanwil Sumbar telah/sedang menyusun 40 Naskah Akademik dan melakukan harmonisasi terhadap 400 produk hukum daerah. Dwimenyambut baik kegiatan seminar ini dan mengharapkan kegiatan ini nantinya dapat menjadi ajang bertukar informasi dan saling melengkapi mengenai pembentukan peraturan perundang-undangan serta dapat menambah wawasan pengetahuan perancang peraturan perundang-undangan di Kanwil Kemenkumham Sumbar dan peserta yang hadir.

Fujikura mewakili JICA Indonesia Office dalam sambutannya menyatakan bahwa JICA telah melaksanakan kerjasama dengan Pemerintah Indoneia dalam berbagai macam disiplin ilmu selama kurang lebih 60 tahun. Fujikura mengharapkan kerjasama ini dapat tetap terjalin lebih baik terutama dengan Kementerian Hukum dan HAM. Perwakilan Tim JICA yang hadir pada kegiatan ini yaitu Kei Hirota (Chief Advisor of Legal Consistency), Fujikura (JICA indonesia Office) dan Mazawa (Project Cordinator).

Selanjutnya, Sekretaris Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan (Ditjen PP), Priyanto, menjelaskan ada beberapa poin penting kerjasama Ditjen PP dengan JICA yaitu peningkatan Sumber Daya Manusia Perancang Peraturan Perundang-undangan, menyempurnakan UU No. 12 Tahun 2011, serta meningkatkan pembentukan peraturan perundang-undangan sehingga bermanfaat buat masyarakat Indonesia. JICA telah melakukan kunjungan ke beberapa daerah di Indonesia dalam rangka mendapat gambaran terkait permasalahan pembentukan dan pengimplementasian peraturan daerah.

Bertindak sebagai Narasumber pada kegiatan ini yaitu Kei Hirota (JICA) yang membahas Fungsi dan Peran Biro Legislasi Kabinet, Ardanis dari Biro Hukum Setda Pemprov Sumatera Barat dan Kakanwil Kemenkumham Sumatera Barat.