Berita/Kegiatan DJPP

Pembahasan bobot pidana dengan menggunakan Delphi system terhadap beberapa ketentuan Tindak Pindana Khusus khususnya Tindak Pidana Pencucian Uang dan Tindak Pidana Narkotika dilanjutkan kembali dalam Rapat internal KUHP, Selasa (22/05/2018).

 

Pasal-Pasal terkait Tindak Pidana Pencucian Uang dan Tindak Pidana Narkotika diformulasikan kembali dalam rapat tersebut. Seperti pada Pasal Kedua Bagian Tindak Pidana Pencucian uang, Kelompok Delphi memandang sanksi denda perlu mengikuti UU Tindak Pidana Pencucian Uang, yaitu setengah dari delik pokok sehingga menjadi Kategori V.

 

Sejumlah hal yang tidak luput dibahas oleh Kelompok Delphi ini adalah menetapkan kategori denda, ancaman pidana minimal khusus dan tindak pidana administratif yang bersangkutan dengan narkotika. Selanjutnya, untuk kepastian hukum, frasa "5 batang pohon" dihilangkan. Rumusan Pasal Kedua Bagian Tindak Pidana Narkotika, kelompok Delphi masih akan membahas dalam menentukan besarnya denda untuk masing-masing golongan dengan perbandingan UU yang berlaku.

 

Rapat yang selesai pada sore hari ini berlangsung di Ruang Rapat 553 Gedung Setjen Kemenkumham, dengan dihadiri oleh Prof. Dr. Harkristuti Harkrisnowo, Y. Ambeg Paramarta, Dhahana, Dr. Surastini Fitriasih, Perwakilan dari Divkum Polri, Perwakilan dari Biro Hukum Kejaksaan, Perwakilan dari Jampidsus Kejaksaan, TA Komisi III DPR RI, serta Subdit Pembahasan