Berita/Kegiatan DJPP

Jakarta (30/10/2017) - Hari ini Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) merayakan puncak Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) tahun 2017. Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly beserta seluruh pegawai dari 11 Unit Pusat menyelenggarakan Upacara Bendera di Lapangan Kemenkumham dengan mengenakan pakaian tradisional dari berbagai Propinsi yang ada di Republlik Indonesia.

 

 

Tamu undangan hadir diantaranya Yusril Ihza Mahendra, M. Andi Mattalatta, Ketua Ombudsman RI, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Dankor Brimob, Wakil Gubernur Riau, Walikota Bekasi, Direktur PT. POS, dan Najwa Shihab Duta Baca Indonesia.

 

Dalam sambutannya Yasonna Laoly menyampaikan bahwa esensi suatu peringatan adalah sebagai alat penanda, sebagai suatu bentuk indikator dari sudut pandang waktu, sejauh mana dengan waktu yang ada kita menghasilkan berbagai karya dan kinerja nyata.

 

“Dan ini ditunjukkan dalam simbol yang kita pilih, simbol Kemenkumham yang selalu berbeda setiap tahunnya untuk memperingati HDKD. Tahun lalu Kemenkumham memilih gambar hewan lebah sebagai logo HDKD, logo ini menyiratkan makna lebah adalah hewan yang mempunyai kecerdasan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cara bekerja sama, membangun bersama, dengan tujuan yang terencana dalam rangka mencapai tujuan yang sama, dengan secara sungguh-sungguh dan profesional. Tahun ini peringatan Hari Jadi Kemenkumham bertemakan Kerja Bersama, Kami PASTI Melayani yang disimbolkan oleh Kepala Kuda dan lambang tata nilai PASTI. Ada makna yang mendasari pemilihan simbol tersebut, bahwa melalui semangat jiwa kuda yang identik dengan kerja keras dan kerja bersama secara cepat dan mempunyai daya tahan yang luar biasa diharapkan seluruh jajaran Kemenkumham mampu bekerja keras, tangkas, berjiwa kesatria dan mengabdi untuk bangsa dan negara Republik Indonesia,“ lanjutnya.

 

Akhir sambutannya, Menteri Yasonna Laoly atas nama Kemenkumham tidak lupa mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan kepada mitra kerja yang telah membantu pelaksanaan tugas dan fungsi sehingga berjalan dengan baik dan lancar, antara lain Menteri PAN-RB, Kepala BKN, Ketua Ombudsman RI, Kepala Korps Brimob Polri, Walikota Bekasi, Pegawai berprestasi sebanyak 20 orang, Purnabakti Pengayoman sebanyak 20 orang, Pegawai teladan sebanyak 6 orang.

 

Sebelum hari puncak peringatan HDKD, telah dilakukan serangkaian kegiatan seperti Inovasi Layanan Publik Kemenkumham yang bertujuan untuk mendorong jajaran Kemenkumham untuk menjadi pelopor bagi perubahan digitalisasi, sehingga mampu berkinerja secara efektif dan efisien, serta Legal Expo dan Pameran Karikatur sebagai bagian dari apresiasi dan evaluasi langsung oleh stake holder dan salah bentuk sinergitas Kemenkumham terhadap institusi di bidang hukum dan hak asasi manusia lainnya untuk bergotong royong membangun hukum dan hak asasi manusia di Indonesia secara komprehensif.