Berita/Kegiatan DJPP

Rabu (9/8/2017) - Yunan Hilmy, SH. MH, Direktur Harmonisasi II Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM memimpin kembali rapat tim kecil mengenai Rancangan Undang Undang Republik Indonesia tentang Perlindungan Data Pribadi.

 

Rapat yang dihadiri perwakilan Kementrian Hukum dan HAM, Kementrian Dalam Negeri serta Kementerian Komunikasi dan Informasi, membahas matriks yang telah terbentuk dari rapat terdahulu, maka rapat ini hanya akan menambahkan hal-hal yang sekiranya belum lengkap..

Rancangan Undang Undang mengenai perlindungan data pribadi diperlukan, menimbang bahwa hal tersebut adalah salah satu hak asasi manusia yang merupakan bagian dari perlindungan diri pribadi, perlu diberikan landasan hukum yang kuat untuk memberikan keamanan data pribadi dan juga untuk menjamin hak warga negara.

Sebelum mengadakan rapat tim kecil, telah dilaksanakan juga rapat pleno yang mendapat masukan mengenai konsepsi mengenai RUU terkait. Dari pembicaraan terdahulu, Kementrian Komunikasi dan Informasi selaku pemrakasa akan melakukan beberapa konsepsi mengenai perlindungan data pribadi tersebut.