Berita/Kegiatan DJPP

Jakarta - Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Ditjen PP), bekerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) menggelar Seminar Peningkatan Pengetahuan Perancang Peraturan Perundang-undangan pada Selasa (06/07/2017) kemarin. Bertempat di Hotel Westin Jakarta, seminar yang berlangsung selama 1 (satu) hari ini mengusung tema “Penerapan Konsistensi Hukum dan Kedudukan Peraturan Daerah di Jepang”.

Seminar yang menyasar para pemangku jabatan fungsional Perancang Peraturan Perundang-undangan baik yang berada di dalam Ditjen PP maupun yang bernaung di bawah Kementerian/Lembaga lainnya tersebut menghadirkan 2 (dua) orang narasumber dari Jepang, yaitu Prof. Yuzuru Shimada dan Prof. (Emeritus) Makoto Oishi. Didampingi moderator dari Ditjen PP, Edy Subowo dan Tri Wahyuningsih, para narasumber menyampaikan materi mengenai Perbandingan Indonesia dan Jepang terkait Perundang-undangan Pusat dan Peraturan Daerah dalam Hukum Tata Negara dan Proses Legislasi di Jepang.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan, Widodo Eka Tjahjana yang turut hadir bersama jajaran Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Ditjen PP, menyampaikan bahwa Presiden memberi arahan untuk menyederhanakan Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia yang sifatnya rumit atau berbelit-belit. Lebih lanjut, beliau menuturkan harapannya atas seminar ini.

“Kita ingin mendapatkan pengalaman dan pengetahuan terbaik dari Jepang, yang diharapkan dapat mendukung optimalisasi regulasi Peraturan Daerah di Indonesia,” pungkas Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan.