Berita/Kegiatan DJPP

Jakarta (8/4/2017) - Bertempat di Ruang rapat Legiprudensi, Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan menerima Direktur di lingkungan Direktorat Jenderal Penduduk dan Pencatatan Sipil (Ditjen. Dukcapil), serta Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). Kehadiran Kemensetneg dan Direktur di lingkungan Ditjen. Dukcapil beserta tim sekretariat dan tim teknis dalam rangka Rapat Timcil RPerpres Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Dalam rapat tersebut dibahas Konstruksi penormaan tata cara disusun berdasarkan (i) pengaturan yg menegaskan kewenangan Dinas Dukcapil Kab/Kota; (ii) pengaturan kewajiban penduduk melakukan pendaftaran; (iii) pengaturan persyaratan; dan (iv) pengaturan mekanismenya.

Mengenai persyaratan disepakati bersama untuk memudahkan rakyat bukan menyulitkan, sehingga persyaratan yang menyulitkan rakyat dihapus, seperti menghapus syarat surat keterangan dari kepala suku atau adat dan syarat dokumen asli.

 

Hal lainnya masih perlu dirapikan kembali oleh Dagri sendiri terutama konsistensi kebijakan., dan rapat selanjutnya akan diselenggarakan seminggu kemudian.