Berita/Kegiatan DJPP

www.djpp.kemenkumham.go.id-Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan bekerjasama dengan Hanns Seidel Foundation (HSF) menggelar Workshop Penulisan Jurnal Ilmiah, 21-22 Maret 2016, di Hotel Aryaduta Medan. Workshop yang dibuka oleh Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan, Prof. DR. Widodo Ekatjahjana, S.H, M.Hum, menghadirkan beberapa narasumber dan dihadiri oleh para Perancang Peraturan Perundang-undangan yang berada di Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara dan Perancang Peraturan Perundang-undangan yang berada di Pemda Kabupaten Kota Medan.

Dijelaskan, peserta workshop diberikan wawasan dan ketrampilan seperti format umum dalam jurnal ilmiah, kerangka penulisan jurnal ilmiah, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan judul, kriteria kalimat efektif dalam judul, dan masalah pokok dalam menulis artikel jurnal.

“Manfaat jurnal antara lain menunjukkan keahlian pada suatu bidang ilmu tertentu. Karya ilmiah akan bermanfaat baik secara langsung maupun tidak langsung bagi ilmu pengetahuan dan kemanusiaan melalui publikasi karya ilmiah. Publikasi karya ilmiah merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban keilmuan dan menghindari adanya duplikasi atau plagiat dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab,” jelas salah satu narasumber, Dr. Ramelan.

Peserta sangat antusias dalam workshop, hal ini terlihat dari keragaman pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. “Mengapa judul tidak boleh singkat, abstrak penulisan yang baku berapa, daftar pustaka gaya penulisan apa yang harus dipakai dalam penulisan tesis, bagaimana mengenai footnote, bagaimana untuk penilaian jurnal, bagaimana kalau menulis yang bahannya hanya ada 2 (dua) buku?” tanya Berlin Darma Lubis salah satu peserta dari Kanwil Kementerian Hukum dan HAM.