Berita/Kegiatan DJPP

Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan menerima Kunjungan kerja DPRD Kabupaten Magetan pada hari Senin 19 Januari 2015 Diruang Rapat A lantai 4 Gedung Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan. Perwakilan DPRD Kabupaten Magetan ini  diterima oleh Bapak Erwin Fauzi selaku Kepala Subdit Fasilitasi Perancangan Peraturan Daerah Wilayah I.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Magetan Nomor 10 Tahun 2008 tentang Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Magetan Pada Perseroan Terbatas Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Magetan dan Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Magetan Nomor 9 Tahun 2008 tentang Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Magetan Pada Perseroan Terbatas Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Magetan.

Pimpinan rapat menyampaikan bahwa Jika dilihat berdasarkan ketentuan mengenai  tata cara pembentukan perundang-undangan, terdapat rumusan dalam batang tubuh rancangan Peraturan Daerah perubahan tersebut mencantumkan definisi baru namun jika melihat bagian ketentuan umum tidak menyebutkan pengaturan definisi baru tersebut. Selain itu dalam Konsideran menimbang belum mencerminkan alasan yang melatarbelakangi perubahan Peraturan Daerah. Oleh karena itu, harus dirumuskan  pengantar alasan perubahan penambahan modal. Lebih lanjut pimpinan rapat menyampaikan bahwa penyusunan peraturan daerah harus mengacu pada teknik penyusunan peraturan perundang-undangan sebagaimana diatur dalam lampiran 2 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.

Dalam kesempatan ini perwakilan dari DPRD Kabupaten Magetan menyampaikan bahwa Panitia Khusus perubahan peraturan daerah ini akan melakukan pembahasan lebih mendalam untuk merumuskan kembali alasan yang melatarbelakangi perubahan perda sebagaimana masukan yang telah disampaikan. Berkenaan dengan definisi baru akan dipertimbangkan untuk dirumuskan kembali dalam batang tubuh Rancangan Peraturan Daerah tersebut.