Berita/Kegiatan DJPP

Pelaksanaan Bimbingan Teknis Pedoman Penulisan Jurnal Karya Ilmiah dengan Tema “Peningkatan Minat dan Kemampuan Penulisan Jurnal Ilmiah Bidang Peraturan Perundang-undangan” dilaksanakan pada hari Selasa s,d Kamis pada tanggal 26 hingga 28 Maret 2013 di Hotel Lorin Sentul – Bogor. Hal ini di maksudkan untuk memberikan pelatihan teknik penulisan Jurnal Ilmiah ataupun penulisan artikel pada media massa, yakni Jurnal, majalah Koran dll.

Penulisan suatu artikel dapat dilakukan dengan banyak mencoba menulis dan membaca tulisan-tulisan yang dibuat orang lain serta banyak membaca buku-buku agar dapat mendukung objek yang kita tulis, walaupun sebaiknya perlu juga dipelajari  secara teknik penulisan yang baik dan benar baik secara tata bahasa (penggunaan bahasa baku), serta cara penyampaian tulisan yang memiliki alur yang jelas sehingga pembaca dapat menangkap apa yang ingin kita sampaikan serta menikmatinya.

Pemberian materi Pembelajaran kegiatan bimbingan teknis ini memberikan pelatihan penggunaan bahasa Indonesia yang baku, teknik penulisan yang mengedepankan struktur tata bahasa Indonesia sesuai dengan ejaan yang disempurnaan (EYD), metode penulisan karya ilmiah serta bagaimana menginformasikan referensi sumber data dll.

Narasumber yang memberikan materi adalah para mitrabestari yang menangani jurnal serta para peneliti dari LIPI yang berkedudukan sebagai penilai suatu jurnal. Apresiasi sangat terlihat dari para peserta dalam mengikuti bimbingan teknis ini dengan pertanyaan-pertanyaan kepada narasumber. Adanya harapakan kepada peserta dan perancang untuk dapat mengembangkan bakat menulis pada jurnal terutama di Jurnal Legislasi Indonesia yang merupakan Jurnal mediasi perancang dalam mendapatkan nilai kum.