Web Analytics
SOSIALISASI E-PERANCANG

Berita/Kegiatan DJPP

 

Direktorat Fasilitasi Perancangan Peraturan Daerah dan Pembinaan Perancang Peraturan Perundang-undangan menyelenggarakan Sosialisasi Penggunaan Sistem Informasi Jabatan Fungsional Perancang Peraturan Perundang-undangan dan Aplikasi Penilaian Angka Kredit Perancang Peraturan Perundang-undangan. Sosialisasi dilakukan kepada Pejabat Fungsional Perancang Peraturan Perundang-undangan di lingkungan Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan (25/10), Pejabat Fungsional Perancang Peraturan Perundang-undangan di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM seluruh Indonesia dan Pemerintah Daerah (26/10), dan Pejabat Fungsional Perancang Peraturan Perundang-undangan di lingkungan Kementerian/Lembaga (27/10).

Pada kesempatan hari ini, Sekretaris Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan, Priyanto, S.H., M.H., memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan sosialisasi. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa penilaian angka kredit perancang peraturan perundang-undangan secara elektronik ini memudahkan para perancang pada saat melakukan penilaian angka kredit. “Perancang Peraturan Perundang-undangan tidak perlu lagi menumpuk berkas yang akan dilakukan penilaian karena dapat langsung diunggah ke dalam aplikasi setiap saat”, ujar Priyanto.

Priyanto dalam pembukaannya menekankan bahwa pembangunan Sistem Informasi dan Aplikasi Penilaian Angka Kredit Perancang Peraturan Perundang-undangan oleh Instansi Pembina Perancang Peraturan Perundang-undangan merupakan jawaban atas kebutuhan zaman di era insdustri 4.0, yaitu salah satunya dalam rangka peningkatan budaya kerja digital di lingkungan ASN. Butir-butir kegiatan dan angka kredit sudah secara langsung disesuaikan dengan jenjang Jabatan Fungsional Perancang Peraturan Perundang-undangan. Atasan langsung dapat memeriksa dan memvalidasi atas butir kegiatan yang diajukan oleh para perancang peraturan perundang-undangan. Dengan tersimpannya data dukung melalui digitalisasi, hal ini memudahkan bagi perancang peraturan perundang-undangan dan tim penilai dalam mengakses data dukung tersebut.

Direktur Fasilitasi Perancangan Peraturan Daerah dan Pembinaan Perancang Peraturan Perundang-undangan, Nuryanti Widyastuti, S.H., M.M., Sp.N., menjadi narasumber dalam Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Penilaian Angka Kredit ini. Beliau menyampaikan bahwa Sistem Informasi Jabatan Fungsional Perancang Peraturan Perundang-undangan adalah rangkaian informasi dan data mengenai pengguna yang disusun secara sistematis, menyeluruh, dan terintegrasi dengan berbasis teknologi.

Sosialisasi ini juga menghadirkan Ibu Irma Suryanti terkait dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 23 Tahun 2020 tentang Penilaian Angka Kredit Perancang Peraturan Perundang-undangan Secara Elektronik, serta Manzila bersama Kris Wibowo Ginting, S.T., tenaga ahli bidang teknologi informasi yang memandu penggunaan sistem Informasi JF Perancang dan simulasi aplikasi penilaian angka kredit Perancang kepada peserta sosialisasi. Dalam kegiatan sosialisasi ini diperkenalkan fitur baru pada sistem informasi Perancang, yaitu fitur Performa Perancang (Perhitungan Formasi Perancang) kepada para peserta.

Seluruh kegiatan sosialisasi yang telah diselenggarakan sejak Senin (25/10/2021) hingga Rabu (27/10/2021) berjalan dengan baik dan dihadiri oleh perwakilan dari instansi pemerintah pusat dan daerah dengan total peserta mencapai +/- 1000 peserta. Dengan telah dibangunnya Sistem Informasi Jabatan Fungsional Perancang dan Aplikasi Penilaian Angka Kredit Perancang, pengelolaan data dan informasi Perancang serta proses penilaian angka kredit Perancang dapat dilaksanakan lebih efektif, efisien, dan akuntabel.