Web Analytics
PENGHARMONISASIAN RUU PATEN

Berita/Kegiatan DJPP

 

Jakarta – Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan melalui Direktorat Harmonisasi Peraturan Perundang-undangan I menyelenggarakan rapat pengharmonisasian, pembulatan, dan pemantapan konsepsi Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2016 tentang Paten. Rapat dilakukan secara hybrid bertempat di Alana Hotel, Sentul dan virtual melalui video conference.

Pembahasan dipimpin oleh Kepala Sub Direktorat Harmonisasi Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia, Wahyudi Putra, S.H. Pembahasan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, Badan Riset dan Inovasi Nasional, BPOM, LIPI, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi untuk jangka waktu tertentu melaksanakan sendiri invensi tersebut atau memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk melaksanakannya.

Rancangan Undang-Undang ini dibuat dalam rangka meningkatkan pelayanan di bidang paten kepada masyarakat serta untuk menyesuaikan dengan kebutuhan hukum masyarakat dan praktik internasional.