Web Analytics
PENYEMPURNAAN INSTRUMEN INDEKS REFORMASI HUKUM

Berita/Kegiatan DJPP

 

Jakarta – Sekretariat Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan menghadiri kegiatan koordinasi perihal Penyempurnaan Instrumen Indeks Reformasi Hukum yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Hak Asasi Manusia. Koordinasi ini dilakukan secara virtual melalui video conference pada Selasa, (14/09/2021).

Penyempurnaan instrumen indeks reformasi hukum ini dilakukan sebagai evaluasi dan pembinaan berkelanjutan untuk mewujudkan regulasi yang semakin baik. Narasumber pada giat ini adalah Kepala Pusat Pengembangan Data dan Informasi, Aman Riyadi, dan Peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Hak Asasi Manusia, Edward James Sinaga.

Instrumen indeks reformasi hukum digunakan dalam rangka memperkuat koordinasi untuk melakukan harmonisasi regulasi dan mendorong reregulasi/deregulasi berbagai peraturan perundang-undangan berdasarkan hasil reviu. Selain itu, digunakan pula dalam rangka mendorong penyederhanaan regulasi pada setiap jenjang level peraturan perundang-undangan. Disamping itu, Indeks Reformasi Hukum dapat meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara sebagai perancang peraturan perundang-undangan (legal drafter) pusat dan daerah.