Berita/Kegiatan DJPP

Jakarta – Bertempat di Aula Oemar Seno Adji Lt.18 Gedung Ex.Sentra Mulia, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 (10/11/2020) secara serentak yang diikuti secara langsung oleh Pimpinan Tinggi Madya Unit Utama, Staf Ahli Menteri, Staf Khusus Menteri, serta Pimpinan Tinggi Pratama Unit Sekretariat Jenderal dan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 ini juga diikuti secara serentak melalui Virtual dengan Kantor Wilayah dan UPT seluruh Indonesia.

Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Freddy Harris yang menjadi Inspektur Upacara mengatakan, “Semua punya pilihan, semua punya cita-cita. Sisingamangaraja, Pangeran Diponegoro, Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dll, beliau (semua) adalah pahlawan. Tentunya ada kekurangan dan ada kelebihan, tapi mereka telah kita tetapkan sebagai pahlawan,” ucap Freddy.

Kita sebagai generasi penerus bangsa harus bisa menjadikan semangat kepahlawanan dengan menjadikan pahlawan sebagai teladan. “Semoga Indonesia bisa menghargai dan bisa menyemangati generasinya untuk menjadi pahlawan-pahlawan bangsa,” kata Freddy.

Dalam amanat Menteri Sosial yang dibacakan oleh Freddy, disampaikan bahwa kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa. “Permasalahan bangsa seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal, dan termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia,” ujar Freddy.

 

Meskipun dalam masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, peringatan hari pahlawan tahun 2020 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna. “Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa,” tegasnya.

Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November kiranya tidak hanya sekedar diingat, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh seluruh rakyat Indonesia sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2020 yakni “Pahlawanku Sepanjang Masa”.