Publikasi/Pengundangan

Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan mengadakan kegiatan Sosialisasi Rancangan Undang-Undang tentang Pemindahan Narapidana pada tanggal 21 Oktober 2014 di Hotel Ambhara Jakarta. Maksud dari kegiatan sosialisasi RUU ini adalah Untuk memberikan informasi baik secara langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat (stakeholder) terhadap suatu rancangan undang-undang yang sedang disusun oleh pemerintah sebelum diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk dibahas dan disetujui menjadi undang-undang, sehingga dengan kegiatan ini diharapkan mendapatkan tanggapan, saran, masukan dan kritikan yang membangun dari berbagai kalangan guna menyempurnakan isi RUU tersebut, serta diharapkan masyarakat (stakeholder) dapat berperan aktif dalam proses pembentukan undang-undang yang merupakan kepentingan nasional.

Dalam kegiatan sosialisasi ini menghadirkan beberapa narasumber antara lain Dr. Abdul Wahid Masru, S.H., M.H. sebagai pembicara Utama, Prof. Dr. Muladi, S.H. sebagai pembahas I, Octaviano Alimudin, S.H., LL.M sebagai pembahas II, Dr. Eva Achjani Zulfa, S.H., M.H. sebagai narasumber, dan yang bertindak sebagai moderator Dr. Suhariyono AR., S.H., M.H.

Jakarta(8/10/2013), Direktorat Jenderal Peraturan perundang-undangan bersama-sama dengan Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal  kementerian Hukum dan HAM mengadakan sosialisasi mengenai Rancangan Outline Cetak Biru Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang dihadiri oleh pejabat Eselon II, III, d  an IV, bertempatan di Ruang Legiprudensi Gd. Ditjen PP Lt. Dasar.

Sosialisasi ini selain sebagai sarana untuk memperkenalkan draft Cetak Biru pemantapan peran Kemeterian Hukum dan Hak Asasi Manusia, juga untuk mendapatkan masukan dari Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan serta mengikut sertakan para perancang Peraturan Perundang-undangan dalam pencapaian tujuannya.

Kamis, tanggal 25 November 2010 Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM RI menyelenggarakan Sosialisasi Rancangan Undang-Undang tentang Perkumpulan di Hotel Maharani Jakarta. Peserta sosialisasi  yang diundang dari berbagai kalangan, antara lain Notaris, Pengadilan, Kejaksaan, Mahkamah Agung, Universitas, dan Pejabat Fungsional Perancang Peraturan Perundang-undangan. Tujuan diadakan sosialisasi ini adalah untuk menampung aspirasi dan masukan dari masyarakat terhadap RUU tersebut sebelum dibahas di DPR menjadi Undang-undang. Sosialisasi secara resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan (DR. Wahiduddin Adams, S.H.,M.H.), dan pada kesempatan ini hadir sebagai pembicara adalah Ratnawati Prasodjo,S.H.,M.H. , sebagai pembahas I adalah Kombes (Pol). B. Manurung,S.H.,M.H. , pembahas II adalah  Drs. Bachtiar Baharuddin,M.Si. , sebagai narasumber adalah Fred B.G Tumbuan,S.H. , dan sebagai moderator adalah Dr. Mualimin Abdi,S.H.,M.H.

Senin, 1 Juli 20113, Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan menyelenggarakan acara Sosialisasi Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Hukum Acara Perdata dengan Topik Pemeriksaan Perkara Dengan Acara Singkat dan Dengan Acara Cepat Dalam RUU tentang Hukum Acara Perdata di Hotel Santika Jakarta. Sebagai  Pembicara Elijana Tanzah, S.H., M.Hum dan sebagai Pembahas I DR. Humphrey Djemat, S.H. LL.M dan Pembahas II Ricardo Simanjuntak, S.H. LL.M, ANZIIF, CIP  Sedangkan Narasumber I DR. Asep Iwan Iriawan, S.H., M.H. serta Moderator Erwin Fauzi, S.H., M.H. Hadir dalam acara sosialisasi dari berbagai kalangan, antara lain: perwakilan dari beberapa Kementerian dan Lembaga Non Kementerian, Praktisi Hukum, Notaris,  Akademisi, dan Tenaga Perancang Peraturan Perundang-undangan.

Acara Sosialisasi Sosialisasi RUU tentang Hukum Acara Perdata dengan Topik Pemeriksaan Perkara Dengan Acara Singkat dan Dengan Acara Cepat Dalam RUU tentang Hukum Acara Perdata  dimulai dengan sambutan Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan,  DR. Wahiduddin Adams, S.H., M.A dan sekaligus membuka acara Sosialisasi. Hal penting yang ditegaskan dalam sambutan Bapak Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan, yaitu:

Pada hari Kamis 4 November 2010, Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan HAM RI mengadakan Sosialisasi Rancangan Undang-Undang tentang Usaha Perseorangan dan Badan Usaha Bukan Badan Hukum. Sosialisasi diadakan di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan, tujuannya diadakan sosialisasi ini adalah untuk menampung aspirasi dan masukan dari masyarakat terhadap RUU sebelum dibahas di DPR (dalam kesempatan ini masyarakat Kota Palembang). Sosialisasi dibuka oleh Direktur Jenderal Peraturan Perundang-Undangan (Dr. Wahiduddin Adams, S.H., M.A.). Hadir sebagai pembicara dalam sosialisasi  tersebut Ratnawati Prasodjo, SH.,MH.,  sebagai Pembahas I Prof.Dr. Joni Emirzon, S.H., M.Hum. , sebagai pembahas II adalah Dr. Munir Fuady, S.H., M.H., LL.M., sebagai narasumber adalah Dr. Partomuan Pohan, S.H., LL.M., dan sebagai moderator adalah Fatmawati, S.H., M.H..  Peserta sosialisasi meliputi berbagai kalangan antara lain Kepolisian, Pengadilan, Kejaksaan, Lembaga Donor, Kalangan Industri, Pengusaha/Perbankan dan Akademisi.