Galeri Kegiatan

Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan mengadakan acara bedah buku Panduan Memahami Peraturan Daerah di Hotel JS. Luwansa Rabu, 27 januari 2016. Acara ini dihadiri oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo, praktisi hukum, serta pejabat eselon I dan II dilingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

acara bedah buku ini bertujuan dalam rangka sosialisasi dan meminta masukan dari para pemerhati hukum, pemangku kepentingan dan masyarakat guna penyempurnaan penyusunan Buku Panduan Memahami Perancangan Peraturan Daerah ini.

Jakarta (21/9/2015), Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan membuka kegiatan magang calon pejabat fungsional peraturan perundang-undangan angkatan III tahun 2015 di Ruang Rapat Legiprudensi. Calon Pejabat Fungsional Perancang Peraturan Perundang-undangan ini berjumlah sebanyak 30 orang yang terdiri dari perwakilan unit eselon I dan Kantor Wilayah seluruh Indonesia.

Acara dibuka oleh Kepala Pusat Pengembangan Fungsional dan HAM Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM Ibu Farida, S.H., M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor M.73.KP.04.12 tahun 2006 menyatakan bahwa pembinaan terhadap program Diklat Fungsional  Perancang Pertama secara fungsional menjadi tanggung jawab Instansi Pembina Jabatan Fungsional Perancang Peraturan Perundang-undangan.

Direktorat Jenderal menggelar kegiatan Pembinaan Karakter  dan Peningkatan Kinerja Pegawai Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-Undangan di hotel Seruni Puncak Bogor tanggal 15 s.d 17 Juni 2015.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan pembinaan karakter ini dalam rangka untuk membentuk perilaku yang berakhlak mulia, menumbuhkan motivasi yang tinggi untuk meraih prestasi dalam bekerja, memberikan pemahaman tentang  cara bekerja secera efektif dan efisien, memberikan wawasan tentang leadership dan entrepreneurship; dan outbound.

Jakarta (9/6/2015), Berlangsung Kegiatan pembukaan Kegiatan Magang Peserta Diklat Calon Perancang Peraturan Perundang-undangan angkatan I dan II Tahun 2015 di Ruang Rapat B dan C di Gedung Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan

Acara ini di buka oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber daya Manusia Kementerian Hukum dan HAM Ibu Prof. Dr. Harkristuti Harkrisnowo,S.H., M.H., P.hd.,  dan dihadiri oleh Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan Bapak Dr. Wicipto Setiadi, S.H., M.H. serta pejabat eselon II dan eselon III  di lingkungan Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM Kementerian Hukum dan HAM RI, . Dalam sambutannya kepala BPSDM menyampaikan bahwa Program magang merupakan bagian integral dari pengembangan kurikulum Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Calon Pejabat Fungsional Perancang Peraturan Perundang-undangan yang merupakan  materi pembelajaran penyusunan Peraturan Perundang-undangan. Melalui praktek magang ini peserta diharapkan mendapatkan tambahan ilmu serta pengalaman untuk lebih mengenal dan mengetahui tata cara perancanganperaturan perundang-undangan di unit kerja Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan agar menjadi Perancang Pertama yang mempunyai tanggung jawab, loyalitas serta profesionalitas yang tinggi.

Jakarta(8/6/2015) , Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan menyelenggarakan kegiatan peningkatan kompetensi sumber daya manusia para pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan. Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 8 dan 7 Juni 2015 dengan mengambil tema Peningkatan Kualitas Manajemen pelayanan Prima (manging Service Excellence).

Sekretaris Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan Bapak Suwandi, S.H., M.H., telah membuka acara ini menyampaikan bahwa seiring bergulirnya reformasi birokrasi dan terus meningkatnya tunjangan kinerja Kementerian Hukum dan HAM, oleh karena itu kita harus terus memperbaiki pelayanan dan kinerja pegawai khususnya Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa Pelayanan Prima bukan hanya slogan, tetapi menuntut kita untuk mengimplementasikannya. Sudah waktunya kita untuk berubah, dari cukup menjadi baik, dan dari baik menjadi hebat, ujarnya.

Jakarta – Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan mengadakan kegiatan Donors Meeting pada hari Rabu, 3 Juni 2015 bertempat di Ruang Rapat B dan C Lantai 4 Gedung Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan. Kegiatan Donors Meeting kali ini mengambil tema Penguatan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Mekanisme Beasiswa.

Kegiatan Donors Meeting dibuka dengan penyampaian laporan mengenai kegiatan kali ini yang disampaikan oleh Bapak Priyanto, S.H., M.H. Direktur Pengundangan, Publikasi, dan Kerja Sama Peraturan Perundang-undangan yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Dr.Wicipto Setiadi, S.H., M.H dan sekaligus membuka kegiatan Donors Meeting. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa diadakannya kegiatan Donors Meeting ini untuk mendorong sumber daya manusia mendapatkan beasiswa dari negara atau lembaga donor. Kegiatan kali ini mengundang Bapak Wignyo Adiyoso, S.Sos., M.A., Ph.D kepala Bidang Pengkajian Program Bappenas dan bertindak sebagai moderator Bapak Suwandi, S.H., M.H. Sekretaris Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan. Kegiatan Donors Meeting dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Embassy of Netherland, Embassy of British, USAID-US, HSF, UN Women, dan Australian Volunteers International (AVI).

Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan melakukan kegiatan peningkatan keterampilan kepemimpinan dan managemen sumber daya manusia untuk pejabat eselon III dan IV di lingkungan Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan. Pelatihan ini dilaksanakan dalam 2 (dua) gelombang, Gelombang pertama tanggal 25-26 Maret 2015 yang telah dilaksanakan sebelumnya, dan gelombang kedua pada 1-2 April 2015 dengan jumlah peserta sebanyak 30 pegawai.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengaplikasikan gaya kepemimpinan yang membangun serta berorientasi pada pengembangan sumber daya manusia, sehingga diharapkan mampu membentuk karakter-karakter yang produktif mengutamakan pencapaian hasil, paham terhadap potensi kepemimpinannya dan mampu menerapkannya dengan baik pada lingkungan pekerjaan, selalu memiliki motivasi untuk membangun untuk kebaikan organisasi, menghargai komunikasi, konsultasi, dan kerja sama, serta memiliki budaya aprreciative terhadap atasan maupun bawahan.

Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan membuka acara ini menekankan bahwa peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah calon pemimpin di masa depan, sehingga jangan mengecilkan peran kita, dimanapun posisi kita berada, dan saya ingin mendorong kemajuan-kemajuan peserta yang ada disini harapnya. Lebih lanjut beliau sebagai pemimpin tertinggi di Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan tidak akan ada apa-apanya tanpa anda sekalian (pegawai Ditjen PP), begitupun juga sebaliknya. Oleh karena itu saya ingin mengajak kepada kalian semua bahwa kita adalah satu tim, satu keluarga besar, mari kita bekerja bersama-sama untuk memajukan Ditjen PP ini.